29 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami & Modern

Adanya kantung mata (sering disebut mata panda) seringkali membuat seseorang tidak percaya diri. Terutama untuk kaum wanita.

Sebenarnya, mata panda bukanlah suatu masalah yang membahayakan kesehatan, hanya saja banyak orang yang tidak merasa nyaman dengannya.

Penyebab munculnya kantung mata karena banyak hal, seperti kurang tidur, kurang minum air putih, sering merokok, sering kelelahan, sering terpapar sinar matahari, dan minum-minuman beralkohol.

Langsung saja, berikut berbagai cara menghilangkan kantung mata secara alami atau metode lainnya:

1. Irisan Mentimun

Selain kurang tidur, kesalahan lainnya berupa mengonsumsi makanan yang tidak sehat, posisi tidur, faktor genetika, dll mengakibatkan munculnya masalah kantung mata, lingkaran hitam, hingga mata bengkak.

Irisan Mentimun

Photo credit: Freegreatpicture.com

Pada tulisan berjudul “Can You Get Rid of Dark Circles Under the Eyes With a Cucumber?” — Livestrong.com menyebutkan bahwa banyak ahli kecantikan mengklaim bahwa irisan mentimun dingin yang ditempatkan di atas mata bisa mengurangi kantung mata ataupun lingkaran hitam.

Para ilmuwan telah menyebutkan terdapat sejumlah antioksidan di dalam ketimun, yang termasuk orientin, cucurbitacins, vitexin dan isoscoparin, bersama dengan vitamin C dan K.

Kandungan antioksidan bisa diserap dengan melalui kulit. Seorang dermatolog yang bernama Gregory Nikolaidis menjelaskan bahwa zat antioksidan bekerja untuk mengatasi atau meredakan peradangan, bengkak dan juga menghilangkan lingkaran hitam.

Irisan timun dalam kondisi dingin bisa secara optimal untuk mengatasi masalah pembengkakan dan kantung mata.

Kondisi dingin ini sebenarnya cukup efektif dalam menghambat akumulasi cairan di bawah mata Anda. Disebutkan juga bahwa teh celup yang dingin dan lembab bisa menjadi alternatif selain irisan timun.

Kondisi Kulit yang Tipis dan Manfaat Vitamin K
Bahwasanya kemunculan lingkaran hitam mungkin sebagai kombinasi dari masalah kulit tipis dan pembuluh darah yang terlihat. Dimana kulit disekitar mata memiliki tekstur lembut dan tipis.

Seiring dengan bertambahnya usia maka kulit tersebut semakin tipis dan lebih rapuh, akibatnya pembuluh darah yang mengalir di bawahnya terlihat seperti lingkaran hitam.

Pada penelitian yang dipublikasikan di “Journal of Drugs and Dermatology” pada 2009, Vitamin K yang terkandung di dalam mentimun mampu untuk mengurangi perubahan warna gelap tersebut. Vitamin K juga bermanfaat untuk mencegah perubahan warna penyebab lingkaran hitam.

Cara Menggunakannya
Penggunaan irisan mentimun yang dingin maka akan memberikan hasil lebih baik dalam menghilangkan kantung mata. Sehingga taruhlah irisan di dalam kulkas selama beberapa menit (sebelum digunakan).

Dalam kondisi Anda tidur telentang, maka letakkan irisan mentimun dingin di atas mata Anda yang tertutup. Pengobatan ini tidak akan membahayakan Anda, namun untuk mendapatkan hasilnya maka membutuhkan kesabaran.

2. Wajib Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Berbagai penyebab timbulnya kantung mata ini seperti kondisi jaringan kulit di sekitar mata yang melemah, cairan menumpuk di bawah mata, alergi musiman, retensi air, eksim, hingga faktor keturunan memainkan peran juga

Namun jangan lupakan beberapa perilaku buruk yang bisa memicu masalah kantung mata, seperti merokok, minum-minuman beralkohol, sering begadang, hingga narkoba.

Anda harus meninggalkan segala hal yang tidak sehat, dan segara beralih ke gaya hidup sehat.

Terutama dalam hal tidur, sangat penting memenuhi kebutuhan tidur.

Kurang tidur tidak hanya merusak penampilan mata dan tubuh secara umum, namun akibatnya bisa fatal berupa meningkatkan resiko penyakit-penyakit kronis.

INGATLAH… bahwa dengan menjalani gaya hidup sehat maka Anda bisa lebih cepat dalam menghilangkan katung mata.


3. Kompres Es Batu

Para ahli sudah meneliti bahwa penggunaan kompres es batu dapat menyegarkan kulit, termasuk juga bisa membantu menghilangkan kantung mata.

Jika diperhatikan, para petinju seringkali wajahnya dikompres (khususnya bagian mata) dengan menggunakan waslap yang dicelup air es, atau menggunakan batu es di dalam kantung.

Es Batu

Photo credit: Publicdomainpictures.net

Kompres es batu dapat meredakan lebam dan juga masalah kantung mata. Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa potong es batu, lalu masukkan dalam waslap. Setelah itu tinggal tempelkan waslap pada bagian mata dan sekitarnya.

Sensasi dingin yang dirasakan akan membuat mata menjadi segar. Hanya saja jangan terlalu lama menempelkannya, jika dirasa sudah tidak kuat maka hentikan sementara (jangan dipaksakan).

Proses perawatan bisa berlangsung selama beberapa menit, hingga maksimal 15 menit.

Pada laman tanya-jawab Quora mengenai apakah es batu bisa menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam. Dijelaskan bahwasanya es batu dapat menghidrasi kulit dan memberikan kelegaan.

Hanya saja jika Anda memiliki lingkaran hitam besar maka harus diobati dengan pengobatan yang tepat. Seperti produk Dermatologi yang efektif untuk mengobati lingkaran hitam atau kantung mata.

Selain itu, penjawab juga menjelaskan bahwa untuk bisa menghilangkan kantung mata, maka pastikan Anda tidur nyenyak, serta makan buah dan sayuran yang sehat. Vitamin K adalah yang terbaik untuk menghilangkan lingkaran gelap pada mata. Sehingga konsumsi makanan yang mengandung Vitamin K, plus juga vitamin C dan vitamin A.

Sebagai perbandingan, seorang bernama Robert Rister mengkritik tentang penggunaan batu es ini. Menurutnya penggunaan batu es tidak efektif untuk jangka panjang. Penggunaan batu es hanya bisa menghilangkan lingkaran hitam selama kulit dalam kondisi dingin.

Robert Rister mengatakan bahwa untuk bisa mengatasi masalah kantung mata secara permanen adalah dengan menghapus beberapa kelebihan melanin di kulit. Produk perawatan kulit yang kuat adalah lighteners kulit yang mengandung ydroquinone. Pada 99% penggunanya memperoleh manfaatnya, namun dalam kasus yang jarang penggunaannya bisa menimbulkan reaksi berupa kulit menjadi kebiru-biruan.

Adapun produk perawatan kulit yang lebih aman di sekitar mata yaitu yang mengandung bahan arbutin. 

4. Batasi Konsumsi Garam

Hal yang umum diketahui bahwa garam dikaitkan dengan resiko tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan sodium di dalam garam bisa menyebabkan retensi cairan, dan memicu timbulnya bengkak di sekitar mata.

Garam

Photo credit: Flickr.com

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dengan garam, batasi konsumisnya. Hindari makanan yang sangat asin seperti pizza, junk food, fast food, dll.

Hendaknya Anda mengutamakan untuk mengonsumsi sayuran segar, khususnya seledri yang dapat mengurangi keinginan konsumsi garam.

Pada sebuah artikel berjudul Mengapa kita memiliki kantung di bawah mata? — BBC Indonesia, seorang dokter kulit di UCLA bernama Hayley Goldbach menyebutkan hal yang bisa menyebabkan timbulnya kantung di bawah mata adalah Edema (resistensi cairan dalam tubuh) atau pembengkakan.

Makanan yang mengandung kadar garam tinggi bisa memicu resiko mata bengkak. Sehingga apabila Anda konsumsi kentang goreng sebelum tidur, maka Anda mungkin akan bangun di pagi hari dengan kantung di bawah mata Anda.

Selain itu, juga dijelaskan tentang penyebab lain timbulnya kantung mata yaitu paparan radiasi sinar ultraviolet, kondisi jiwa yang stres, serta kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

5. Kentang

Kentang sering dimanfaatkan dalam perawatan kulit, seperti untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit. Anda bisa memanfaatkan kentang untuk menghilangkan kantung mata dan kerutan-kerutan halus pada wajah.

Kentang

Photo credit: Pexels.com

Pada tulisan berjudul Can You Use Raw Potatoes for Dark Circles Around the Eyes? — Livestrong.com, menjelaskan bahwa Anda bisa menggunakan bahan alami kentang untuk menghilangkan lingkaran hitam di sektiar mata. Kentang memiliki antioksidan seperti vitamin C, dan juga nutrisi lainnya yang penting bagi kulit tubuh.

Kentang mengandung enzim, vitamin C dan pati yang memberikan nutrisi pada kulit tipis di sekitar mata. Sifat dingin kentang juga membantu meredakan pembengkakan pembuluh darah di bawah mata, sehingga hal ini penting dalam memudarkan lingkaran hitam di mata.

Untuk melakukannya, Anda bisa berbaring dan tempatkan irisan kentang dingin di atas mata Anda selama 10 menit. Selain itu, parutan pada kentang beku juga bisa diterapkan.

Loading…

6. Miliki Rutinitas Olahraga Setiap Hari

Olahraga merupakan cara alami dan efektif untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Olahraga akan membuat kulit Anda menjadi tampak bercahaya dan awet muda.

Latihan (olahraga) secara umum baik untuk kulit Anda, termasuk dapat mengatasi masalah penampilan kelopak mata kendur dan juga kantung mata.

Pada artikel berjudul 5 Yoga Exercises To Get Rid Of Puffy Eyes — Stylecraze.com menjelaskan tentang beberapa latihan Yoga untuk mengatasi “Puffy Eyes” (mata pucat, lingkaran hitam di mata, kantung mata, dsb).

Kondisi Puffy Eyes terjadi ketika mata bengkak dan menyebabkan iritabilitas. Pemicunya yaitu stres, retensi cairan, alergi, perubahan hormon, terlalu sering menangis, konsumsi banyak sodium dan kurang tidur.

Anda bisa mencoba latihan yoga. Anda bisa menemukan semua solusi untuk masalah Anda dalam yoga. Olahraga yoga dapat melancarkan aliran darah, yang manfaatnya bisa mengatasi masalah mata bengkak dan kantung mata.

Pada artikel tersebut menyebutkan beberapa latihan yoga untuk membantu menghilangkan kantung mata dsb, yaitu:

  • Paschimottanasana (Seated Forward Bend)
  • Halasana (Plow Pose)
  • Chakrasana (Wheel Pose)
  • Salamba Sarvangasana (Shoulder Stand)
  • Salamba Sirsasana (Head Stand)

Ada lima bentuk latihan yoga seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa mencari tutorial atau praktek gerakannya di Google ataupun Youtube. Adapun di bawah ini saya akan menyebutkan manfaatnya:

Manfaat Paschimottanasana: Mengatasi masalah sembelit, sakit pada perut dan punggung, memberi energi pada tubuh, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Manfaat Halasana (Plough Pose): Meredakan stres, menormalkan kadar glukosa darah, menjaga kesehatan pencernaan, memberbaiki nafsu makan, menenangkan sistem saraf, mengurangi kelelahan, dll.

Manfaat Chakrasana (Wheel Pose): memperkuat paru-paru, meningkatkan fungsi sistem saraf tubuh, memberikan energi secara fisik dan mental, meredakan kecemasan dan depresi.

Manfaat Salamba Sarvangasana: menenangkan saraf, mengatasi insomnia, mengatasi gangguan pencernaan, meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi kecemasan dan depresi, dan mengurangi kelelahan.

Manfaat Salamba Sirsasana: melancarkan aliran darah sehat ke otak, mengobati sakit kepala, diabetes dan depresi, melegakan batuk dan flu, dan menenangkan pikiran.

Marie-Veronique Nadeau, seorang Beauty expert dan penulis The Yoga Facelift, memberikan penjelasan bahwa melakukan yoga bisa melatih otot-otot wajah menjadi lebih kencang.

Jenis yoga dengan posisi badan terbalik seperti Back Bends dan Shoulder Stand bisa secara efektif untuk melancarkan sirkulasi darah di bagian wajah, yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan pembengkakan dan kelebihan cairan di bagian sekitar mata.

7. Kompres dengan Kantong Teh

Anda bisa memanfaatkan teh untuk perawatan kulit, termasuk menghilangkan lingkaran hitam dan mengencangkan kulit. Zat tanin di dalam teh bekerja secara alami untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Untuk pemanfaatannya, pertama-tama siapkan dua buah kantung teh (bebas), lalu celupkan kantung teh pada air es. Terakhir gunakan kantung teh tersebut untuk menutup area mata selama 20 menit

Kantong Teh

Photo credit: Wikicamino.net

Pada tulisan berjudul DIY Beauty: How to Use Tea Bags to Relieve Tired Eyes — Collegefashion.net menjelaskan bahwa Anda bisa menggunakan kantong teh untuk diaplikaskan ke mata, yang bermanfaat untuk menghilangkan lingkaran gelap.

Selain itu, kantong teh juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan mata lelah, bengkak, dan kantung mata.

Yang Anda butuhkan adalah dua kantong teh (kantong teh hijau dan hitam yang mengandung kafein paling efektif). Sediakan juga secangkir air panas.

Ambilah dua kantong teh tersebut dan rendam di air panas selama 3 menit. Lalu kantong teh tersebut ditaruh di piring (atau wadah lainnya) dan masukan ke dalam kulkas selama 20 menit.

Lalu ambil kantong tehnya. Peras cairan berlebih hingga air tidak lagi menetes dari kantong teh.

Lalu letakkan kantong teh di atas mata Anda. Biarkan selama 15-30 menit. Lalu angkat dan bilas dengan hati-hati wajah dan mata Anda.

Perawatan menggunakan kantong teh ini bisa dilakukan setiap hari, ataupun dua kali dalam seminggu.

Pastikan teh celup menutupi kantung mata atau lingkaran hitam di sekitar mata dengan sepenuhnya. Tekan sekali ke bawah secara lembut untuk memastikan bahwa kantong teh memiliki kontak dengan kulit di sekitar mata.

Jaga posisi kepala Anda dan pastikan mata Anda tertutup. Hal ini bisa lebih mudah dilakukan jika mematikan lampu, sehingga Anda jauh dari cahaya terang.

Mengapa Kantong Teh Ini Bermanfaat Untuk Sekitar Mata?
Anda mungkin telah memperhatikan bahwa banyak perawatan mata yang mengandung kafein. Hal itu karena zat kafein bekerja untuk mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata Anda, yang memberikan efek untuk mengurangi bengkak, lingkaran hitam atau kantung mata.

Selain kafein, kantong teh juga mengantung antioksidan bermanfaat dan tanin. Zat tanin yang memberikan warna dan rasa teh, bekerja untuk merangsang sirkulasi darah sehat dan juga mengencangkan kulit.

8. Irisan Tomat

Tomat bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilan. Anda hanya perlu memotong tomat, lalu ditempelkan pada area mata selama 20-30 menit.

Irisan Tomat

Photo credit: Wikimedia.org

Pada tulisan berjudul Tomato for Dark Circles — Homeremediesforlife.com menjelaskan bahwa Anda bisa memanfaatkan tomat untuk menghilangkan lingkaran gelap. Tomat secara umum sangat efektif dalam penyembuhan banyak masalah kesehatan dan kecantikan, yang termasuk masalah lingkaran hitam ini.

Apabila kulit Anda tidak tahan terhadap sifat asam tomat, maka gunakan bahan lainnya seperti mentimun dan kentang (seperti yang telah dipaparkan sebelum poin ini).

Hal-hal yang membuat tomat dapat efektif untuk menghilangkan lingkaran hitam, yaitu:

  • Tomat mengandung lycopene, jenis anti-oksidan yang bekerja untuk mengurangi perubahan warna gelap di bawah mata.
  • Tomat memiliki sifat mencerahkan dan pemutihan alami kulit. Tomat juga bekerja untuk membuat kulit lebih kenyal dan lembut.
  • Kandungan di dalam tomat bermanfaat untuk melembabkan dan mengoptimalkan proses regenerasi kulit, sehingga membantu memudarkan lingkaran gelap.

Untuk pemanfaatan tomat ini, pertama-tama hancurkan atau giling tomat menjadi pasta kental. Lalu aplikasikan pada area lingkaran hitam di wajah. Setelah itu bersihkan wajah kembali dengan air. Ulangi ini setiap hari.

Konsumsi tomat pada saat perut kosong di pagi hari juga dapat berkontribusi membantu menghilangkan lingkaran hitam atau kantung mata.

Minum Jus Tomat
Anda juga bisa minum jus tomat yang mengandung vitamin A, K, B1, B2, B3, B5 dan B6, zat besi, magnesium dan fosfor. Caranya:

  1. Campurkan potongan tomat (dicincang) dan daun mint.
  2. Setelah jus tomat selesai dibuat, lalu tambahkan 1 sdm jus lemon segar dan sejumput garam.
  3. Aduk hingga merata lalu minum.

Disarankan untuk minum jus tomat ini setiap pagi hari.


9. Tomat dan Lemon

Baik tomat dan lemon memiliki khasiat untuk mencerahkan atau memutihkan kulit. Kombinasi ini memberikan hasil yang cepat dan efektif. Caranya:

  1. Campurkan 1 sdt jus tomat dan 1 sdt jus lemon.
  2. Setelah tercampur, lalu aplikasikan pada lingkaran hitam di bawah mata dengan menggunakan bola kapas.
  3. Diamkan selama 10 menit, setelah itu bersihkan.

Lakukan perawatan ini 1-2 kali dalam sehari.

Catatan: Bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif, tambahkan beberapa tetes air dalam campuran tersebut. Hal ini untuk mencegah adanya sensasi terbakar karena sifat asam pada tomat dan lemon.

10. Tomat dan Kentang

Sifat mencerahkan atau memutihkan kulit secara alami yang dimliki oleh tomat dan kentang, dapat Anda manfaatkan dalam perawatan menghilangkan lingkaran gelap. Caranya:

  1. Kupas dan cincang 1 kentang, lalu haluskan dengan menggunakan blender.
  2. Lalu saringlah untuk mengekstrak menjadi jus.
  3. Campurkan jus kentang tersebut dengan jus tomat segar.
  4. Lalu gunakan bola kapas, untuk mengoleskan campuran tersebut pada kulit di bawah mata Anda.
  5. Setelah selesai mengoleskan, diamkan dalam kondisi demikian hingga mengering.
  6. Lalu bersihkan kembali.

11. Tomat dan Madu

Madu memiliki khasiat untuk melembabkan kulit, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencerahkan wajah. Berikut cara mengombinasikan tomat dan madu:

  1. Campurkan 1 sdt masing-masing jus tomat dan madu.
  2. Lalu oleskan campuran pada kulit di bawah mata.
  3. Diamkan hingga mengering.
  4. Lalu bilas kembali hingga bersih.

Perhatian: Sebelum mengaplikasikan bahan tomat, maka selalu mengujinya pada lengan untuk mengetahui apakah menimbulkan efek samping.

Jangan sampai bahan jus tomat atau pasta terkena mata. Apabila terjadi sesuatu maka segera cuci mata dengan air bersih untuk menghindari iritasi.

12. Perhatikan Kualitas Tidur Anda

Setelah kurang tidur selama dua hari atau bahkan lebih, maka mungkin wajah akan menjadi terlihat kusam, kelelahan, hingga muncul kantong mata.

Tempat Tidur

Photo credit: Pixabay.com

Seorang spesialis kulit dari Timeless Skin Solutions di Dublin bernama Dr.Carol Clinton, menjelaskan bahwa ketika kondisi tubuh lelah atau stres, maka sirkulasi darah di area mata akan melambat, mengakibatkan darah berkumpul di sarea mata.

Hal ini berpotensi membuat pembuluh darah tipis (kapilaris) menjadi meregang dan beresiko bocor, yang akhirnya memunculkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Kondisi stres ini terjadi salah satunya karena kurang tidur. Demikian juga kurang tidur itu sendiri bisa memperburuk kondisi kantung mata.

Oleh karena itu, pastikan durasi tidur Anda mencukupi, dan miliki tidur yang berkualitas, salah satu caranya dengan mematikan lampu ketika tidur.

Selain itu, terlalu banyak tidur juga bisa mengakibatkan kantong mata membesar. Robert Shmerling, MD, seorang editor di Harvard Health Publication, menjelaskan bahwa semakin banyak tidur maka kantong mata akan semakin mudah terbentuk, terutama ketika jaringan di sekitar mata suda mengalami penuaan.

Penumpukan cairan akan bisa terjadi jika terlalu lama dalam posisi berbaring. Posisi horisontal memudahkan cairan bergerak menuju jaringan yang mengendur, yang kemudian menumpuk disana.

Robert Shmerling, MD, juga menjelaskan bahwa kantong mata dipicu oleh beberapa kondisi lain, yaitu faktor keturunan, alergi, konsumsi garam berlebih, efek samping obat, dan premenstruasi.

Bagi Anda yang sedang berusaha menghilangkan katung mata, maka kurangi konsumsi garam untuk meminimalisir penumpukan cairan.

loading…

13. Hapus Make-Up Sebelum Tidur

Sebuah kesalahan jika Anda meninggalkan make-up, termasuk pada area mata yang beresiko menyebabkan terjadinya iritasi, sehingga mata menjadi berair dan membengkak.

Alat Makeup

Photo credit: Pexels.com

Bagi Anda yang sedang berusaha menghilangkan kantung mata atau lingkaran hitam maka harus memperhatikan lebih serius hal ini. Pastikan Anda sudah membersihkan riasan mata dan makeup secara umum sebelum tidur. Sehingga mencegah terjadinya iritasi.

14. Minum Air Putih yang Cukup

Parahnya masalah kantung mata, itu akibat retensi air karena tingginya konsentrasi garam di dalam tubuh. Anda bisa terbangun di pagi hari dengan munculnya kantung mata setelah mengonsumsi makanan asin di malam hari.

Minum Air Putih

Photo credit: Freegreatpicture.com

Makanan asin atau garam bisa menarik air ke area wajah sehingga mengakibatkannya terkumpul di area bawah mata.

Jika Anda merupakan orang yang hobi makan makanan asin, maka Anda harus mengimbanginya dengan minum air putih yang banyak.

Sehingga pastikan Anda minum air putih yang cukup, dan batasi konsumsi makanan asin. Demikian juga Anda harus hati-hati terhadap kopi dan alkohol, karena bisa menyebabkan dehidrasi seperti halnya garam.

Apabila Anda sudah tidur yang cukup, namun masih mengalami masalah kantung mata, maka kemungkinan Anda tidak mencukupi kebutuhan minum air putih sehari-hari.

15. Perbaiki Posisi Tidur Anda

Orang yang tidur di perut (tengkurap) akan lebih beresiko terbangun dengan kemunculan kantung mata. Posisi tengkurap saat tidur menyebabakan resiko tinggi cairan terkumpul di bawah mata saat malam hari.

Tempat Tidur
Photo credit: Pixabay.com

Daripada tidur dalam posisi tengkurap, maka lebih baik tidur dalam posisi telentang. Tidak mudah mengganti kebiasaan posisi tidur, Anda perlu mencoba dan berusaha membiasakan diri pada awalnya. Lama-kelamaan Anda akan bisa mengubah posisi tidur.

16. Gunakan Bengkoang

Di dalam bengkoang terkandung vitamin C dan B1 cukup tinggi, yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu kandungan air di dalam bengkoang juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan kantung mata secara alami.

Bengkoang

Photo credit: Shutterstock.com

Dengan menghaluskan (memarut) bengkoang yang telah dikupas. Lalu halusan tersebut dijadikan masker wajah selama 20-30 menit sehingga meresap ke kulit wajah. Terakhir bersihkan wajah kembali dengan air bersih.

Bahan Bengkoang ini sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alami untuk kecantikan. Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan mata panda secara alami.

Berikut cara lain pemanfaatan bengkoang:

  1. Siapkan dan cuci bersih beberapa bengkoang.
  2. Lalu parut bengkoang sampai halus.
  3. Lalu letakan hasil parutan di dalam kain tipis.
  4. Nah, gunakan kain tipis tersebut untuk mengompres bagian bawah mata, selama 15-20 menit.
  5. Lalu bersihkan kembali wajah menggunakan air bersih.
17. Berhenti merokok

Sudah umum diketahui bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan. Termasuk juga dapat merusak penampilan kulit, seperti membuat kulit kusam, keriput dan kantung mata.

Jangan Merokok

Photo credit: Pixabay.com

Merokok menyebabkan kulit kering dan penuaan dini, termasuk menimbulkan masalah pada kulit di sekitar mata. Bahan kimia di dalam rokok merupakan racun yang menyebabkan iritasi di sekitar mata.

Hal tersebut menimbulkan lingkaran hitam di area sekitar mata yang parah, kantung mata yang disertai dengan keriput dan kusam pada kulit.

Untuk kebaikan kulit tubuh Anda secara umum, maka Anda harus berusaha berhenti merokok.

18. Perbaiki Pola Makan Anda

Konsumsi berlebihan makanan dengan rasa asin menimbulkan efek jangka panjang pada kantung mata Anda. Jika Anda sedang berusaha menghilangkan kantung mata, maka perhatikan makanan Anda sendiri, pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi garam atau makanan asin.

Makanan Sehat: Spinach and Beetroot Salad

Photo credit: Pexels.com

Banyak konsumsi makanan asin dapat menyebankan dehidrasi (kekurangan cairan) di dalam tubuh. Utamanya pada bagian sekitar mata, yang akan merusak penampilan Anda.

Oleh karena itu batasi konsumsi garam dalam masakan sehari-hari. Lalu hindari makanan asin sama sekali pada saat makan malam.

Hal ini harus diterapkan selama dalam masa perawatan menghilangkan kantung mata. Konsumsi garam berlebihan juga memicu resiko pembengkakan pada area sekitar mata.

19. Hindari Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol mengakibatkan retensi air, sehingga semakin banyak Anda mengonsumsi minuman beralkohol maka akan semakin parah kondisi kantong mata Anda.

Alkohol membuat tubuh dan kulit dehidrasi yang menyebabkan cekungan dan warna gelap di area sekitar mata, alkohol juga menyebabkan mata merah dan lelah.

Hal yang jauh lebih buruk, minuman beralkohol menyebabkan banyak masalah kesehatan kronis. 

20. Manfaatkan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat sering digunakan sebagai bahan alami untuk produk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi masalah kantung mata.

Minyak Zaitun

Photo credit: Pixabay.com

Pada tulisan berjudul How to Treat Dark Circles With Olive Oil — Leaf.tv menjelaskan tentang cara mengatasi lingkaran hitam dengan minyak zaitun. Di dalam minyak zaitun mengandung antioksidan yang melembabkan kulit, dan juga menutrisi kulit.

Minyak zaitun sangat bagus digunakan untuk perawatan kulit secara keseluruhan, di dalamnya juga terkandung mineral, asam lemak dan kandungan lainnya yang membantu untuk mengurangi lingkaran hitam. Vitamin K bekerja untuk menormalkan warna kulit di bawah mata.

Walaupun penggunaan minyak zaitun tidak langsung segera menghilangkan lingkaran hitam, namun manfaatnya akan terlihat secara efektif dari waktu ke waktu.

Berikut cara memanfaatkan minyak zaitun ini:

  1. Ambil secukupnya minyak zaitun extra-virgin berkualitas tinggi (Hindari minyak zaitun yang telah diproses secara kimia). 
  2. Anda hanya akan menggunakan sedikit saja minyak zaitun dalam setiap kali mengoleskan. 
  3. Gunakan bola kapas yang dicampur minyak zaitun secukupnya, untuk dioleskan secara lembut ke sekitar mata. Lakukan secara hati-hati.

Ulangi rutinitas ini setiap hari untuk memudarkan lingkaran hitam dan keriput.

21. Lindungi Mata Anda dari Sinar UV

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari bisa menyebabkan kulit di sekitar mata mengendur dan berkerut, dan secara umum membahayakan kesehatan, termasuk juga mengakibatkan dehidrasi pada kulit.

Siang Hari Bolong di Jalanan

Siang Hari Bolong di Jalanan | Photo credit: Wikimedia.org

Tabir surya dan kacamata hitam bisa melindungi mata dari terkena sinar ultraviolet (UV), selain itu Anda juga bisa menggunakan topi.

Paparan sinar UV menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering, serta memperparah kondisi “mata panda” yang dialami. Anda hendaknya memakai tabir surya (sunblock) dengan SPF minimal 15 ketika beraktivitas di luar ruangan.

Hayley Goldbach, seorang dokter kulit di UCLA menjelaskan bahwa paparan radiasi ultraviolet dapat memperparah kantung di bawah mata. Faktor risiko lainnya yaitu stres, minuman beralkohol dan merokok.

Makanan yang mengandung kadar garam tinggi juga bisa menyebabkan mata bengkak. Sehingga sebuah kesalahan jika terlalu banyak makan kentang goreng (dan semacamnya).

22. Manfaatkan Putih telur

Putih telur kaya akan kandungan protein hewani. Banyak manfaat kandungan protein, termasuk untuk kecantikan kulit, mengencangkan kulit secara alami, hingga Anda bisa mengaplikasikannya ke area sekitar mata agar menghilangkan kantung mata.

Untuk memanfaatkan putih telur, kocoklah putih telur secukupnya hingga berbuih, lalu oleskan ke area kantung mata (hindari terkena mata), lalu diamkan sekitar 20-30 menit. Lalu bersihkan kembali.

Pada tulisan berjudul Home Remedies for Puffy Bags Under Eyes — Livestrong.com, menyebutkan bahwa putih telur berfungsi untuk mengencangkan kulit dan membantu menghilangkan kantung di bawah mata. Selain itu, telur putih juga mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi.

Oleskan 1/2 sendok teh putih telur di bawah mata dengan jari Anda, lalu diamkan sampai kering selama sekitar 15 menit, kemudian bersihkan kembali menggunakan air hangat.

Efek dari putih telur ini akan mengurangi pembengkakan dan memperbaiki keseluruhan penampilan kulit di bawah mata.

23. Madu dan Variasinya

Madu seringkali dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kesehatan dan pengobatan, termasuk Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan kantung mata.

Senyawa antiinflamasi dalam madu bekerja untuk melawan peradangan dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Madu

Photo credit: Pixabay.com

Pemanfaatan madu yaitu dengan cara mengoleskannya ke bagian bawah mata, lalu biarkan selama 15 menit, terakhir bilas dengan air hangat.

Pada tulisan berjudul How to remove dark circles with honey? — Beautyhealthtips.in menyebutkan bahwa madu bekerja seperti pemutih alami, yang mengurangi pigmentasi dan jerawat.

Selain itu, madu bekerja untuk melembabkan kulit, memberi nutrisi pada kulit, dan melawan radikal bebas penyebab lingkaran hitam dan keriput di bawah mata.

Artikel tersebut menyebutkan tiga metode penggunaan madu untuk menghilangkan kantung mata atau lingkaran hitam, berikut di bawah ini pemaparannya:

Madu Murni
Berikut cara penggunaannya:

  1. Siapkan madu murni, lalu terapkan di lingkaran hitam atau kantung mata.
  2. Lalu pijat kulit Anda selama 1-2 menit.
  3. Lalu diamkan selama 10 menit.
  4. Bersihkan kembali dengan air biasa.

Ulangi setiap hari hingga hasilnya.

Madu dengan Ekstrak Lemon dan Kunyit
Lemon memiliki sifat pemutihan dan mencerahkan kulit secara alami, yang membantu untuk menghilangkan lingkaran hitam. Adapun kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Berikut cara menghilangkan kantung mata dengan kombinasi madu, lemon dan kunyit:

  1. Siapkan sebuah mangkuk kecil.
  2. Masukan 4 tetes jus lemon, 1 sdm madu murni dan 1 sejumput kunyit organik.
  3. Campurkan ketiga bahan alami tersebut secara merata.
  4. Lalu Oleskan campuran tersebut sembari memijat selama 2 menit.
  5. Diamkan dalam kondisi demikian hingga campuran tersebut mengering.
  6. Lalu bilas hingga bersih kembali.

Lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Madu dengan Minyak Kelapa dan Jarak
Minyak kelapa mengandung asam lemak esensial yang jika dikombimasikan dengan minyak jarak memberikan efek positif bagi kulit tubuh. Kedua bahan ini bisa dikombinasikan dengan madu murni untuk bisa menghilangkan kantung mata secara efektif.

Di bawah ini langkah-langkahnya:

  1. Di dalam sebuah mangkuk, campurkan ½ sdt minyak kelapa, ½ sdt minyak jarak, dan ½ sdt madu.
  2. Campurkan hingga merata.
  3. Lalu gunakan campur tersebut untuk dioleskan ke daerah yang terkena.
  4. Diamkan selama 10 menit.
  5. Bilas kembali dengan air bersih.

Ulangi setiap hari hingga memperoleh hasil yang diinginkan.

24. Pastikan Anda Tidur dengan Bantal yang Cukup Tinggi

Cobalah untuk mengangkat kepala Anda dengan bantal saat tidur, kalau bisa gunakanlah dua bantal, atau setidaknya bantal yang Anda gunakan tidak kempes.

Menggunakan bantal yang cukup tinggi, akan mengangkat kepala Anda saat tidur yang mencegah terjadinya penumpukan cairan di bagian bawah mata. Penumpukan cairan tersebut merupakan penyebab pembengkakan.

25. Pertimbangan Mengambil Antihistamin

Kondisi alergi bisa menyebabkan bengkak, salah satunya berupa lingkaran hitam di bawah mata Anda. Gejala alergi yaitu mata mengalami kemerahan, mata berair, ataupun mata terasa gatal. Reaksi ini disebabkan oleh respons sistem imun terhadap sesuatu yang dinilai mengganggu.

Apabila Anda mengetahui bahwa kemunculan kantung mata akibat alergi, maka pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengonsumsi obat alergi, seperti Claritin, Benadryl dan Zyrtec.

Dengan begitu, kantung mata bisa terjadi akibat adanya alergi, untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi obat alergi. Selain itu, penyebab alergi bisa akibat dari penggunaan sabun tertentu, makeup, dan pewarna rambut.

26. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Kaya Kolagen

Dengan semakin bertambahnya usia, maka otot dan jaringan yang menopang kelopak mata akan melemah. Ini menyebabkan kulit mulai melorot, termasuk lemak yang biasanya ada di sekitar mata.

Asupan vitamin C berfungsi untuk mengoptimalkan proses penyerapan asam hialuronik di dalam tubuh. Asam esensial ini secara alami ditemukan di dalam tubuh, akan tetapi dengan bertambahnya usia maka jumlahnya semakin menurun.

Buah Jeruk Kaya Akan Vitamin C

Photo credit: Freegreatpicture.com

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan asam amino bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen (melalui peningkatan kadar asam hyaluronic di dalam tubuh). Keberadaan kolagen sangat penting untuk kesehatan dan penampilan kulit.

Sumber asupan vitamin C yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu stroberi, jeruk, brokoli, paprika merah, dan kubis.

27. Gunakan Produk Perawatan

Produk krim pencerah kulit mengandung bahan hydroquinone yang bekerja untuk membatasi produksi melanin di kulit, sehingga mengurangi tampilan kantung gelap atau lingkaran hitam di dekat mata.

Produk berbahan hydroquinone umumnya berbentuk krim, gel, dan lotion. Penggunaan produk ini harus teratur agar bisa memperoleh hasil yang diinginkan. Lakuka penggunaan sesuai aturan produk (baca di labelnya).

28. Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi

Kekurangan zat besi menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah. Pentingnya sel-sel ini berfungsi dalam menyalurkan oksigen ke semua jaringan di tubuh.

Sehingga secara tidak langsung, kekurangan zat besi bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata, serta secara umum membuat kulit pucat.

Daging Merah Kaya Akan Zat Besi

Photo credit: Pixabay.com

Gejala lainnya dari kekurangan zat besi adalah mudah lelah, kuku terasa rapuh, dan kedinginan pada tangan dan kaki.

Makanan yang mengandung zat besi tinggi yaitu daging merah (sapi, kambing, dll), unggas, makanan laut, kacang polong, kangkung, bayam, aprikot dan kismis.

Apabila Anda mengalami anemia maka ada baiknya mengunjungi dokter. Nantinya dokter Anda akan melakukan pemeriksaan secara akurat. Anda mungkin memerlukan suplemen zat besi khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

29. Hal Lainnya Penting Diketahui
–Perhatikan kondisi lingkungan Anda. Alergi bisa menyebabkan kapilaris bocor. Ketika tubuh terpapar alergen, maka secara alami tubuh akan melepaskan protein yang disebut histamin. Zat tersebut-lah yang menyebabkan pembuluh darah disekitar mata bengkak.
–Hindari sering berada di dekat sumber alergi, seperti bunga, debu atau binatang. Pastikan rumah Anda dalam kondisi bersih, cucilah seprai tidur Anda secara rutin.
–Selain itu, terlalu sering terpapar matahari akan merusak kulit, termasuk membuat lingkaran hitam di bawah mata menjadi lebih terlihat.
–Kebiasaan mengonsumsi makanan yang asin menyebabkan tubuh menahan air, hal ini menyebabkan kondisi kantong mata semakin parah.
–Sering mengucek-ngucek mata bisa membuat kondisi lingkaran hitam lebih parah. Mengucek-ucek mata akan merangsang kapilaris yang sudah tipis tersebut menjadi bocor.
–Apabila mata terasa gatal maka hendaknya dikompres dengan es batu selama beberapa saat untuk mengurangi rasa gatalnya. Jangan mengucek-ucek mata.
–Sesekali cobalah mengmbil napas lebih dalam-dalam. Tidak mendapatkan cukup oksigen menyebabkan kantung mata lebih gelap.
–Apabila kantung mata atau lingkaran hitam terbentuk tanpa alasan yang jelas, apalagi bentuknya terlalu besar. Hal itu ada kemungkinan disebabkan oleh kondisi medis, maka konsultasikan dengan dokter.
Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas   READY STOCK. Hubungi Telp./SMS/WA 085258140614. Kami siap mengirim ke Seluruh Indonesia. Apasih manfaat daun kelor, sebelum kita masuk ke manfaat daun kelor alangkah baiknya kita flash back. Pastinya semua sudah tidak asing lagi dengan kata peribahasa “Dunia ini tidak selebar daun Kelor”? itu semua karena daun kelor ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sama halnya dengan dunia, secara tidak disangka-sangka pasti kita akan mengalami hal yang tidak terduga. Tetapi jangan salah dan jangan meremehkan daun kelor, dibalik ukuran nya yang kecil, ternyata daun kelor memiliki sejuta manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu banyak peneliti atau masyarakat menyebut pohon ini dengan sebutan pohon ajaib atau miracle tree. Kandungan daun kelor bagi sangat bagus untuk tubuh. Organisasi kesehatan dunia sudah menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang mulai tumbuh untuk mengkonsumsi daun kelor secara rutin karena manfaat daun kelor yang sangat baik untuk pertumbuhan. Karena ternyata didalam daun kelor mengandung potasium 3x lipat daripada pisang, kalsium 4x lipat lebih banyak daripada susu, dan diketahui juga daun kelor mengandung vitamin C 7x lipat daripada kandungan dalam buah jeruk, vitamin A 4x lipat lebih banyak dari wortel, dan juga memiliki 2x lipat protein dari pada susu. Daun kelor adalah bagian yang paling bermanfaat dari tanaman kelor, dalam daun kelor mempunyai kandungan diantaranya adalah : Vitamin B6, Vitamin C, Provitamin A sebagai beta karoten, magnesium dan protein. Kebanyakan masyarakat di indonesia mengolah daun kelor dengan cara dimasak dan digunakan seperti halnya bayam, dan ada juga yang mengeringkan daun kelor setelah kering kemudian di haluskan, satu hal yang harus diketahui cara mengolah daun kelor tidak bisa diatas suhu 60 derajat celcius, karena kalau sampai suhu diatas 60 itu akan merusak nilai gizi yang terdapat pada daun kelor tersebut. Yang paling familiar dari daun kelor adalah manfaat untuk pertumbuhan seorang anak, terutama pada bayi dan ibu menyusui. Daun kelor atau bisa disebut juga dengan moringa sekarang begitu terkenal dan sudah bukan menjadi kabar isu lagi jika daun kelor memang mempunyai khasiat yang luarbiasa. Ada juga yang mengatakan bahwasannya daun kelor itu rajanya Vitamin A, memang benar kandungan vitamin A di dalam daun kelor memang lebih tinggi berkali lipat dari pada kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel.  

Hubungi Telp./SMS/WA 085258140614 ( Ibu. Masda)

  Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Aceh Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Simeulue, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sumatera Utara Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Bengkulu Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Jambi Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo, Jambi, Sungai Penuh   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Riau Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Dumai, Pekanbaru   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sumatera Barat Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sumatera Selatan Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih.   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Lampung Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Metro   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kepulauan Bangka Belitung Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur, Pangkal Pinang   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kepulauan Riau Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Batam, Tanjung Pinang   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Banten Tangerang, Serang, Lebak, Pandeglang, Tangerang, Serang, Cilegon, Tangerang Selatan   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Jawa Barat Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Jenggotan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di DKI Jakarta Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Jawa Tengah Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Jawa Timur Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Bali Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Nusa Tenggara barat NTB Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Mataram   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Nusa Tenggara Timur NTT Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Kupang   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kalimantan Barat Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Bonsai, Kubu Raya, Landak, Melawi, Pontianak, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak, Singkawang   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kalimantan Selatan Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru, Banjarmasin   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kalimantan Tengah Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Seruyan, Palangka Raya.   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kalimantan Timur Berau, Bulungan, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Malinau, Nunukan, Paser, Penajam Paser Utara, Tana Tidung, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Tarakan   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Gorontalo Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, Pohuwato, Gorontalo   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi Selatan Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makassar, Palopo, Parepare   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi Tenggara Bombana, Buton, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Wakatobi, Bau-Bau, Kendari   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi tengah Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Donggala, Morowali, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Sigi, Palu   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi Utara Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi Barat Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, Polewali Mandar   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Maluku Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon, Tual   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Maluku Utara Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Ternate, Tidore Kepulauan   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Papua Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, Jayapura   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Papua Barat Fakfak, Kaimana, Manokwari, Maybrat, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Sorong.  

Comments are closed.