38 Cara Menghilangkan Komedo Secara Permanen (Metode Alami & Modern)

Komedo adalah tumpukan lemak di wajah yang umumnya menumpuk di bagian sekitar hidung, mata dan pipi. Terjadinya komedo karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah, ini seperti halnya jerawat.

Adapun yang menyumbat adalah kotoran, debu, sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah.

Sebagian orang bermudah-mudahan (terlalu mengandalkan) produk sabun pembersih wajah dalam upaya menghilangkan komedo, dimana penggunaan produk seperti ini tidak mejamin akan dapat membersihkan komedo sampai keakar-akarnya. Sehingga komedo rentan untuk muncul lagi.

Penggunaan produk seperti itu jika terlalu sering maka menyebabkan kulit wajah kering. Komedo ada dua macam, yaitu komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Apapun jenis komedonya, tetap saja perlu segera dibersihkan supaya kulit wajah tetap bersih dan halus.

Berikut berbagai cara dan tips untuk menghilangkan komedo:

1. Bersihkan Komedo dengan Bantuan Benang Gigi

Bersihkan Komedo dengan Benang Gigi

Pada tulisan berjudul “Unik, Cara Baru Bersihkan Komedo dengan Bantuan Benang Gigi”, menyebutkan bahwa benang gigi (dental floss) bisa dimanfaatkan untuk membersihkan komedo. Umumnya kita mengetahui bahwa dental floss berguna untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

Seorang wanita bernama Sukhi Mann memakai alat benang gigi guna membersihkan komedo yang ada di hidungnya. Penggunaannya sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama.

Dia menyediakan sebuah mangkuk biasa yang berisi air panas, lalu merendam handuk bersih pada mangkuk berisi air panas tersebut.

Setelah itu, handuk yang hangat tersebut ditempelkan pada permukaan hidung selama lima menit (pastikan kondisi handuk tidak terlalu panas sehingga tidak menyakitkan).

Melakukan hal ini berguna untuk membuka pori-pori kulit, sehingga akan mempermudah dalam membersihkan komedo.

Kemudian siapkan benang gigi, lalu seret secara perlahan dari atas sampai ke bawah (gesek dengan lembut dan jangan terburu-buru).

Sukhi Mann meyakini bahwa penggunaan benang gigi akan lebih aman dibandingkan logam, hal ini membuat Anda tidak perlu khawatir dari timbulnya masalah berupa bekas luka pada hidung.

Nah, setelah semua komedo tesebut berhasil diangkat sehingga wajah atau hidung bersih kembali, lalu bersihkan hidung menggunakan air bersih.

Lalu Anda oleskan toner pada hidung (bisa berupa air mawar, toner wajah, obat kumur, dll), mengoleskannya dengan menggunakan kapas yang lembut.

Video Sukhi Mann membersihkan komedo di hidungnya telah dilihat lebih dari 1,1 juta kali, Anda bisa melihat videonya disini (Instagram)

2. Manfaatkan Lemon

Lemon

Photo credit: Wikimedia.org

Lemon sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit alami. Di dalamya terkandung asam alpha-hydroxi dan asam sitrat yang berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat maupun komedo, membersihkan sel kulit mati, dan mengencangkan pori-pori wajah.

Berikut cara menggunakan lemon untuk menghilangkan komedo:

  1. Pertama-tama iris lemon menjadi dua bagian.
  2. Sebagai opsi (tidak wajib), Anda bisa memberikan madu beberapa tetes pada permukaan lemon yang telah diiris.
  3. Setelah itu, aplikasikan (gosokkan) lemon tersebut pada bagian komedo di wajah.
  4. Setelah selesai menggosokan, maka biarkan saja selama 5-10 menit
  5. Lalu barulah membersihkannya kembali dengan air biasa.

Lakukan perawatan alami ini minimal tiga kali dalam seminggu.


3. Campuran Lemon, Yogurt dan Garam

Campuran yogurt dan jus lemon bisa efektif untuk menghilangkan komedo. Peran jus lemon yang mampu membersihkan kotoran kulit dan mengencangkan pori-pori. Adapun yogurt berfungsi untuk melembabkan kulit secara alami sehingga kulit terhindar dari dehidrasi.

Anda juga akan menggunakan campuran bahan garam yang bermanfaat sebagai exfoliator kulit yang baik.

Beberapa bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 sdm jus lemon
  • 1 sdm yogurt
  • ½ sendok makan garam

Langkah-langahnya:

  1. Campur ketiga bahan tersebut di dalam sebuah mangkuk kecil atau wadah lainnya, campurkan ketiganya hingga merata.
  2. Lalu oleskan ramuan alami ini pada bagian komedo. Oleskan secara lembut.
  3. Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan saja selama 10 menit.
  4. Lalu barulah membilasnya dengan air hangat.

Ingat! Dalam menggosokan atau mengoleskan ramuan pada kulit, Anda harus melakukannya secara lembut, hindari terburu-buru.

Seberapa sering perlu melakukan ini? Ulangi ini setiap hari.

4. Hindari Kebiasaan Memencet Komedo

Bagi Anda yang ingin komedo pergi dan wajah pun mulus dan bersih, maka hindari suka memencet komedo pada wajah. Hal itu nantinya memicu hal-hal buruk seperti timbulnya luka, dan juga bakteri akan semakin menyebar.

Sehingga alih-alih komedo hilang, justru muncul komedo baru dan bekas luka. Saat memencet komedo dengan tangan, berarti Anda memaksa kotoran yang ada di dalam untuk keluar, hal ini bisa merobek kulit.

Ketika tangan Anda memegang atau menekan bagian komedo di wajah, hal ini menyebabkan terjadinya perpindahan bakteri dan kotoran dari jari tangan ke wajah. Hal ini bisa memicu infeksi.

Memencet komedo juga bisa menyebabkan timbulnya bekas luka pada wajah. Gesekan kuku tangan pada permukaan wajah bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi. Bekas komedo yang dipencet juga dapat menimbulkan noda hitam.

Jika sembarangan memencet komedo dengan kondisi tangan yang tidak steril, bekas komedo yang dipencet bisa menyebabkan kulit rusak dan menjadi kusam. 

5. Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur

Putih Telur

Pada tulisan berjudul “Tips Menghilangkan Komedo dengan Masker Putih Telur”, menjelaskan bahwa ada cara untuk menghilangkan komedo dengan putih telur sehingga tidak menguras isi kantong.

Anda bisa membuat masker putih telur yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, menghilangkan komedo, hingga mengencangkan kulit wajah.

Untuk pembuatan masker putih telur maka caranya simple, siapkan putih telur dan tisu. Hendaknya yang digunakan adalah telur ayam kampung karena lebih bagus ketika diaplikasikan dalam bentuk masker nantinya.

Untuk membuat masker putih telur, sediakan satu butir telur ayam kampung, lalu Anda pisah bagian kuning dan putih telur (jangan sampai tercampur).

Yang digunakan adalah putih telur, masukan dalam wadah lalu kocok sampai menjadi berbusa.

Dalam kondisi berbusa seperti itu maka oleskan ke kulit wajah (oleskan ke semua bagian), lalu tempelkan tisu kering pada wajah.

Tempel tisu agar menutupi semua bagian kulit wajah. Lalu Anda oleskan lagi putih telur ke tisu tersebut sehingga nantinya tisu menempel sempurna.

Biarkan dalam kondisi demikian hingga tisu mengering. Jika sudah kering sempurna, barulah Anda mencopot tisu yang menempel tersebut di wajah.

Lalu bilas wajah menggunakan air hangat, setelah itu bilas wajah kembali dengan air biasa agar menutup pori-pori.

Dengan berbekal bahan berupa putih telur dan tisu guna dijadikan masker, memberikan manfaat agar komedo dan sel kulit mati di wajah bisa dibersihkan, selain itu juga membuat kulit wajah lebih cerah.

Seberapa sering melakukan perawatan alami ini? Setidaknya satu kali dalam seminggu. Kalau bisa, disarankan melakukannya sebanyak tiga kali dalam dua minggu.

6. Rajin Membersihkan Wajah

Shower Mengeluarkan Air

Photo credit: Pexels.com

Rajin mencuci atau membersihkan wajah, utamanya ketika baru dari luar rumah atau jalan raya, dimana banyak kotoran dan debu yang bisa menempel pada kulit wajah.

Membersihkan wajah dilakukan setiap hari. Termasuk pastikan Anda mencuci wajah pada pagi hari dan malam hari saat akan tidur.

Dengan mencuci wajah akan membebaskan kulit wajah untuk bernapas, memaksimalkan regenerasi kulit, dan pastinya membuat permukaan kulit wajah menjadi bersih dan segar.

Namun, hindari mencuci wajah tanpa membersihkan telapak tangan terlebih dahulu, hal ini sama saja dengan memindahkan kotoran dari tangan ke wajah.

Telapak tangan adalah bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai benda yang berpotensi kotor seperti uang, ponsel, kereta belanja, dll.

Loading…

7. Menghilangkan Komedo Dengan Pasta Gigi

Anda bisa menghilangkan komedo dengan pasta gigi. Mungkin Anda agak heran bagaimana pasta gigi dapat membrsihkan komendo membandel di wajah?

Komedo merupakan kotoran yang menumpuk di kulit wajah, menghilangkan komedo dengan pasta gigi menjadi cara alternatif untuk membersihkan penumpukan kotoran penyebab komedo ini.

Cara melakukannya, pertama-tama sediakan bahan-bahan berupa pasta gigi mint dan garam. Juga sediakan wadah untuk membuat masker pasta gigi.

Campurkan pasta gigi dengan garam sebanyak ¼ sendok teh, campur keduanya sampai merata.

Nah, sebelum masker alami tesebut diaplikasikan pada wajah, sangat penting agar Anda mencuci wajah (kalau bisa menggunakan air hangat).

Manfaat penggunaan air hangat ini supaya membuka pori-pori wajah. Lalu jangan lupa untuk mencuci tangan hingga bersih dengan air mengalir.

Aplikasikan (oieskan) masker pasta gigi ke bagian wajah secara merata.

Anda juga bisa sembari memijat bagian hidung secara lembut, pijat ke arah depan (dengan satu arah).

Setelah selesai mengoleskan, biarkan saja dalam kondisi demikian sampai masker pasta gigi benar-benar mengering di wajah.

Setelah kering, maka barulah untuk membersihkan masker pasta gigi menggunakan air biasa, setelah itu bilas wajah kembali menggunakan air hangat.

Pasta gigi memiliki kandungan flouride yang berfungsi untuk membantu proses penyembuhan peradangan di wajah akibat jerawat maupun komedo.

Seberapa sering melakukan perawatan ini? Lakukan secara teratur di pagi dan malam hari (dua kali dalam sehari).

8. Masker Pepaya

Pepaya

Photo credit: Pxhere.com

Buah pepaya sudah umum dipercaya memberikan khasiat penting bagi kulit kulit, utamanya kulit wajah. Banyak orang yang menggunakan masker pepaya untuk perawatan kulit.

Yang manfaatnya agar kulit sehat, segar dan indah, termasuk juga bisa membantu membersihkan komedo di wajah.

Anda bisa menghilangkan komedo dengan memanfaatkan buah pepaya yang telah masak.

Siapkan daging buah pepaya masak secukupnya, lalu dikupas, dibersihkan dengan air mengalir, lalu dipotong-potong. Siapkan juga madu murni sebanyak 2 sdt.

Lalu hancurkan daging buah pepaya hingga halus. Agar mudah maka Anda bisa menggunakan blender, atau cara lainnya yaitu dengan diparut.

Setelah itu, pepaya yang telah dilumatkan dicampurkan dengan madu 2 sdt, lalu aduk hingga tercampur rata.

Gunakan ramuan tersebut nantinya sebagai masker wajah. Sebelumnya, bersihkan wajah hingga benar-benar bersih.

Oleskan ramuan tersebut sebagai masker ke semua bagian wajah, buat ramuan agak lebih tebal pada bagian kulit yang mengalami komedo.

Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan saja dalam kondisi demikian selama 30 menit. Setelah itu barulah membilas wajah menggunakan air hangat.

Lakukan perawatan alami ini secara rutin, yaitu 1-2 kali dalam seminggu.

Kandungan enzim di dalam buah pepaya berfungsi untuk menangkal bahaya radikal bebas terhadap kulit, utamanya paparan polusi lingkungan yang bisa merusak kulit. Buah pepaya juga memiliki khasiat sebagai anti bakteri, pembersih kulit, serta membuat kulit tampak indah dan segar.

Sebagai tambahan, Anda bisa mencampurkan ramuan juga dengan yoghurt atau susu sehingga memperbesar khasiat yang bisa diperoleh.

Selain efektif untuk menghilangkan komedo, buah pepaya juga bisa membantu memutihkan kulit secara aman dan alami.

9. Jagalah Pola Makan yang Sehat

Makanan Sehat

Photo credit: Freegreatpicture.com

Untuk mencegah komedo semakin parah, Anda harus mengurangi konsumsi makanan yang berminyak, hendaknya Anda mengutamakan untuk makan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin, mineral dan serat.

Kandungan serat, vitamin dan mineral sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit wajah.

Munculnya komedo bukan hanya karena kurang menjaga kebersihan tubuh, tapi juga karena pola makan yang buruk.

Berikut makanan yang sehat bagi kulit, yang membuat Anda terbebas dari komedo:

  • Buah kaya vitamin C, seperti nanas, apel, pepaya, dan buah sitrus
  • Buah Berry, seperti stroberi, blueberry, cranberry dan raspberry.
  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, sawi, dan lobak hijau.
  • Brokoli, tomat, kol dan kembang kol.

Anda juga harus mengetehui berbagai jenis makanan yang menyebabkan munculnya jerawat, komedo dan masalah-masalah pada kulit, yaitu:

Kacang-Kacangan. Hindari mengonsumsinya secara berlebihan karena kacang mengandung lemak yang memicu wajah menghasilkan minyak berlebih.

Keju. Keju bisa merusak kerja hormon, selain itu keju mengandung kadar gula yang tinggi.

Mie Instan. Mie instan mengandung pengawet dan lemak jenuh tinggi yang sulit dicerna tubuh sehingga bisa tertimbun di tubuh, hal ini berdampak buruk pada kulit tubuh.

Donat. Walaupun lezat, donat dibuat dengan proses penggorengan menggunakan minyak, dengan begitu donat menyerap minyak yang cukup banyak. Makanan berminyak tidak baik bagi kulit, terutama lagi bagi Anda yang sedang mengalami komedo.

Kentang Goreng. Makanan ini mengalami proses yang sama dengan donat, sehingga harus dibatasi konsumsinya.

Puding. Biasanya di dalamnya banyak terkandung lemak dan minyak, dan juga terdapat kandungan gula yang tinggi, sehingga berlebihan konsumsi puding akan berdampak buruk bagi kulit.

Es Krim. Coklat dan kandungan pada eskrim bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat dan komedo.

Pasta. Pasta umumnya banyak mengandung pengawet dan lemak sehingga tidak menyehatkan.

Ham Cheese Burger. Keju dan Daging menjadi perpaduan super cocok sebagai makanan yang bisa memicu jerawat dan komedo.

Roti Putih. Roti putih tinggi kandungan karbohidrat dan gula.

Minuman Besoda. Minuman bersoda bisa menyebabkan gangguan pencernaan, hingga bisa berdampak buruk bagi kulit tubuh.

Daging Babi. Daging babi mengandung tinggi lemak yang bisa memicu jerawat, komedo, hingga peradangan pada kulit.

Agar kulit tubuh (termasuk kulit wajah) bisa selalu sehat, segar dan bercahaya maka pastikan Anda untuk minum air putih yang banyak (yang mencukupi kebutuhan tubuh).

10. Gunakan Baking Soda

Baking soda bisa berfungsi sebagai pengikis kulit mati penyebab pori-pori kulit tersumbat. Sehingga baking soda bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo.

Untuk penggunaannya yang paling mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu sdm baking soda dengan dua sdm air hangat.

Lalu oleskan campuran tersebut pada wajah, terutama pada bagian yang ada komedo, oleskan sambil memijat lembut dengan gerakan memutar selama dua menit.

Lalu bilas wajah dengan air hangat. Ingat!! Jangan terlalu lama mengaplikasikan baking soda pada wajah karena dampaknya bisa menyebabkan wajah kekeringan.

Baking soda dalam kadar yang pas akan bekerja untuk menetralkan pH kulit sehingga produksi minyak menjadi tidak berlebihan. Hal ini berguna agar masalah komedo bisa diminimalisir.

Agar lebih manjur dan aman, penggunaan baking soda perlu bahan pendamping. Berikut di bawah ini akan disebutkan secara lengkap.


11. Baking Soda, Madu dan Garam

Dengan campuran baking soda dan madu memberikan manfaat untuk menurunkan kadar minyak berlebih di wajah dan juga membersihkan sel kulit mati. Demikian juga penggunaan garam untuk mencegah kotoran masuk ke pori-pori kulit.

Untuk pembuatannya:

  1. Siapkan sebuah wadah.
  2. Lalu campurkan ke dalamnya berupa satu sdt madu, dua sdt garam dan satu sdt baking soda. Nantinya akan terbentuk menjadi pasta.
  3. Lalu oleskan pasta tersebut ke bagian kulit yang ada komedo.
  4. Setelah selesai mengoleskan, biarkan saja selama 7 menit.
  5. Setelah itu barulah membersihkan wajah kembali menggunakan air hangat.

Seberapa sering melakukan perawatan ini? Lakukan 1-3 kali dalam seminggu sampai akhirnya manfaat Anda peroleh.

12. Baking Soda dan Cuka apel

Cupa apel mengandung asam malat yang berfungsi untuk melawan bakteri, vius dan jamur, manfaatnya bisa untuk membantu mengatasi dan mencegah masalah infeksi kulit. Cuka apel juga mengandung vitamin C dan E.

Berikut cara memanfaatkan baking soda dan cuka apel untuk menghilangkan komedo:

  1. Sediakan wadah yang akan digunakan untuk mencampurkan bahan-bahan.
  2. Campurkan 2 sdm baking soda dan 2 sdm cuka apel, lalu aduk rata. (tuangkan cuka apel secara perlahan diatas baking soda, hal ini supaya mencegah munculnya gelembung-gelembung udara).
  3. Lalu campuran tersebut dioleskan ke wajah, khususnya bagian wajah yang ada komedonya. 
  4. Dalam proses mengoleskan ini, lakukan secara perlahan, hindari sampai terkena mata. 
  5. Setelah selesai mengoleskan, biarkan saja selama 20 menit (atau sampai mengering).
  6. Penggunaan campuran bahan ini bisa berpotensi memunculkan rasa gatal (terutama ketika campuran tersebut mulai mengering di wajah). Timbulnya reaksi ini wajar, dimana kandungan di dalam ramuan ini sedang bekerja untuk membersihkan kotoran yang ada di wajah.
  7. Lalu barulah membilas wajah menggunakan air hangat.
  8. Lalu bilas wajah dengan air biasa, Anda bisa mencuci wajah menggunakan sabun. 

Apabila dalam melakukan perawatan ini muncul rasa seperti terbakar pada kulit maka segera hentikan penggunaan.

13. Baking Soda dan Minyak esensial

Kombinasi baking soda dan minyak esensial bisa berfungsi sebagai agen exfoliator, untuk membersihkan kulit dan juga membuat kulit lebih lembut. Berikut caranya untuk menghilangkan komedo dengan kedua bahan ini:

  1. Pada sebuah wadah, campurkan 2 sdm baking soda dengan air secukupnya.
  2. Lalu teteskan minyak esensial, seperti peppermint, sandalwood, rosemary, dll sebanyak beberapa tetes saja.
  3. Semua campuran tersebut diaduk rata.
  4. Setelah itu oleskan ramuan alami ini ke wajah, terutama pada bagian komedo.
  5. Setelah selesai mengoleskan, diamkan sampai ramuan mengering.
  6. Lalu cuci / bersihkan tangan menggunakan air hangat, lalu gosok wajah dengan tangan tersebut dengan gerakan melingkar.

Seberapa sering melakukan ini? Lakukan 2-3 kali seminggu.

14. Baking Soda dan Susu

Baking soda memiliki kandungan yang berfungsi untuk menetralkan kadar alkali wajah. Adapun susu mengandung asam laktat yang berfugnsi untuk membersihkan pori-pori kulit.

Anda bisa memanfaatkan campuran susu dan baking soda untuk mengatasi masalah komedo, berikut caranya:

  1. Pada sebuah wadah, campurkan satu sdm baking soda dan ¼ cangkir susu. Campurkan hingga merata.
  2. Lalu campuran tersebut dioleskan (sembari memijat) ke kulit wajah dengan gerakan melingkar. Pastikan bagian komedo diolesi dengan sempurna.
  3. Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan saja selama 5 menit (jangan terlalu lama).
  4. Setelah itu segera bilas wajah dengan air hangat.
  5. Lalu bilas wajah kembali dengan air biasa.

Lakukan perawatan menghilangkan komedo ini sebanyak satu kali dalam seminggu

loading…


15. Baking Soda dan Garam

Jika Anda tidak memiliki madu, maka Anda bisa melakukan perawatan dengan hanya menggunakan kombinasi baking soda dan garam, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada sebuah wadah, campurkan garam dan baking soda dengan perbandingan yang sama.
  2. Campurkan keduanya hingga merata, lalu gunakan campuran tersebut untuk dioleskan pada wajah (sebelumnya wajah dicuci menggunakan air hangat).
  3. Lakukan pengolesan sembari memijat dengan gerakan melingkar.
  4. Setelah selesai mengoleskan, biarkan selama 5 menit.
  5. Lalu bilas wajah menggunakan air biasa.

Seberapa sering melakukan perawatan ini? Lakukan satu kali dalam seminggu (jangan lebih).

Beberapa hal yang perlu diketahui dalam mengaplikasikan baking soda ke permukaan kulit wajah:

  • Jangan mengoleskan baking soda ke bagian kulit yang terluka.
  • Jika penggunaan baking soda menimbulkan reaksi alergi, maka segera hentikan penggunaan, dan bilas wajah dengan air bersih.
Sebagai tips dari laman Stylecraze.com, bahwa jika Anda melakukan pengobatan alami di rumah, terutama scrub, maka sangat penting agar Anda berhati-hati dan tidak menggosok kulit secara berlebihan. Hal itu karena bisa menyebabkan kerusakan kulit, membuat timbulnya ruam, bekas luka, dan memperparah komedo.

Laman Stylecraze.com menyebutkan berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan komedo, seperti kayu manis, strawberry, lidah buaya, teh hijau, tomat, cuka apel, air mawar, uap air panas dan lainnya. Langsung saja berikut di bawah ini penjabarannya.

16. Kayu manis dan Lemon

Bubuk Kayu manis

Photo credit: Pixabay.com

Kandungan di dalam kayu manis bermanfaat bagi kulit tubuh, yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan kulit, membuat kulit lebih bercahaya, dan mengencangkan pori-pori kulit.

Beberapa bahan yang perlu disiapkan:

  • 1-2 sdm bubuk kayu manis
  • 1-2 sdm makan jus lemon

Langkah-langkahnya:

  1. Campurkan madu dan bubuk kayu manis, sehingga nantinya akan terbentuk seperti pasta.
  2. Lalu oleskan pasta tersebut ke komedo Anda di hidung dan bagian wajah lainnya.
  3. Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama 20 menit.
  4. Lalu barulah bilas kembali wajah dengan air bersih.

Seberapa sering melakukannya? Lakukan tiga sampai empat kali seminggu.

Perawatan ini cocok bagi: Kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit normal

Sebelum mengoleskan dalam jumlah banyak, pastikan Anda melakukan percobaan dengan mengoleskan sedikit, sehingga mencegah reaksi yang tidak diinginkan.

17. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Aloe Vera

Photo credit: Pixabay.com

Aloe vera bermanfaat untuk menenangkan kulit, membersihkan pori-pori, dan mengontrol produksi minyak agar tidak berlebihan. Hal ini membantu Anda dalam menyingkirkan komedo. Anda perlu menyiapkan gel aloe vera segar.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Ambil ekstrak gel segar dari daun lidah buaya.
  2. Bersihkan wajah dengan air bersih, lalu oleskan gel tersebut ke wajah Anda.
  3. Lalu diamkan selama 10 menit.
  4. Lalu bilas wajah dengan air hangat suam-suam kuku.

Seberapa Sering Melakukannya: Lakukan ini setiap hari hingga Anda melihat manfaatnya dimana kulit menjadi lebih halus.

Cocok untuk: Semua jenis kulit

18. Tomat

Tomat

Photo credit: Pxhere.com

Tomat memiliki sifat antibakteri alami yang bermanfaat untuk mengeringkan komedo. Senyawa lycopene di dalam tomat memberikan fungsi antioksidan kuat bagi kulit, yang bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Langkah-langkah yang perlu Anda jalani:

  1. Sediakan  tomat segar.
  2. Lalu cuci bersih dengan air mengalir, lalu kupas tomat dan hancurkan.
  3. Lalu oleskan tomat yang telah dhancurkan tersebut di atas komedo sebelum tidur.
  4. Biarkan wajah semalaman dalam kondisi demikian.
  5. Pada pagi harinya, bilas wajah dengan air bersih.

Berapa kali melakukan perawatan ini? Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.

Cocok untuk: Semua jenis kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa mengencerkan tomat dengan air secukupnya sehingga berbentuk seperti jus.

19. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu untuk membersihkan kulit tubuh dan menyerap kotoran. Termasuk dapat membersihkan komedo, dan membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan yaitu air dan satu sdt daun teh hijau kering.

Berikut langkah-langkah membuatnya:

  1. Pada sebuah wadah, campurkan daun teh dengan air yang telah disiapkan tersebut.
  2. Campurkan keduanya hingga merata, dan akhirnya membentuk seperti pasta.
  3. Lalu oleskan pasta ini ke bagian wajah.
  4. Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama 15 menit.
  5. Lalu bilas wajah dengan air hangat suam-suam kuku.

Seberapa sering melakukannya perawatan alami ini? Satu kali dalam seminggu, atau sesuai dengan kebutuhan.

Cocok untuk: Semua jenis kulit

20. Strawberry

Strawberry

Photo credit: Pixabay.com

Strawberry dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo. Sifat alkalinitas di dalamnya berfungsi untuk meredakan pembengkakan dan juga membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Strawberry kaya vitamin C yang bermanfaat unuk melembabkan kulit, sehingga mencegah kulit kering. Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
Satu buah stroberi

  • 1/2 sdt madu
  • 1/2 sdt jus lemon

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Hancurkan stroberi lalu masukan ke dalam sebuah wadah.
  2. Lalu masukan madu dan jus lemon ke dalam wadah tersebut juga.
  3. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga menjadi pasta kasar.
  4. Lalu oleskan pasta ke kulit wajah.
  5. Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama 15 menit.
  6. Lalu bilas wajah dengan air biasa.

Seberapa sering melakukannya? Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Cocok untuk: Semua jenis kulit

21. Susu

Anda bisa menggunakan susu untuk diaplikasikan pada bagian wajah yang terkena komedo secara lembut. Susu mengandung asam laktat yang berfungsi untuk memecah sel-sel mati yang ada di permukaan kulit, dan membantu membersihkannya.

Bahan yang perlu Anda siapkan:

  • Susu mentah
  • 1 sdt bubuk pala (opsional)

Cara menggunakannya yaitu Anda hanya perlu mengoleskan susu ke bagian kulit yang mengalami komedo. Lalu gosok secara perlahan dan lembut.

Setelah selesai mengoleskan, maka bilas wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap hari, hingga komedo bisa dibersihkan.

Anda bisa mencampurkan susu dengan 1 sdt bubuk pala, sebelum nantinya dioleskan pada komedo di wajah (opsional).

Perhatian: Hati-hati apabila kulit tubuh Anda alergi terhadap produk susu.

22. Air Garam

Garam

Photo credit: Wikimedia.org

Air garam walaupun lambat tapi efektif untuk bisa menghilangkan komedo di wajah. Dimana hanya perlu mencuci bagian yang terkena komedo menggunakan air asin secara teratur. Air garam juga mempunyai sifat antibakteri ringan.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1-2 sendok makan garam
  • Air

Nantinya Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air secukupnya, lalu gunakan untuk mencuci muka.

Lakukan perawatan ini setidaknya satu kali dalam sehari.

Cocok untuk: Kulit berminyak, kombinasi kulit.

Peringatan: Apabila Anda memiliki kulit kering, gunakan pelembab setelah Anda membilas wajah dengan air garam, hal ini agar menghindari terjadinya dehidrasi pada kulit wajah.

23. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat anti-bakteri yang akan membunuh bakteri berbahaya di kulit, dan juga dapat membersihkan pori-pori, hal ini membantu untuk mengurangi komedo. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • Beberapa tetes cuka sari apel
  • Bola kapas

Langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Oleskan cuka sari apel ke wajah dengan bantuan bola kapas.
  2. Setelah selesai mengoleskan, biarkan hingga mengering.
  3. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

Seberapa sering melakukan ini? Lakukan satu kali dalam sehari.

Peringatan: Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka Anda perlu mengakalinya dengan membuat cuka sari apel yang lebih encer, yaitu dengan menambahkan air biasa dalam jumlah yang sama.

24. Uap Air Panas

Panasnya uap bermanfaat untuk membuka pori-pori yang tersumbat, hal ini membuat komedo lebih mudah dibersihkan. Dengan uap air juga bermanfaat untuk menghilangkan racun dan meningkatkan sirkulasi.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Air panas
  • Sebuah bak kecil
  • Handuk

Langkah-langkahnya:

  1. Tuang air panas ke sebuah baskom atau bak mandi. 
  2. Lalu tutupi kepala Anda dengan handuk (hal ini supaya tidak ada uap yang terlepas).
  3. Kenakan wajah Anda pada uap dari air panas tersebut selama satu menit atau lebih. 
  4. Lalu angkat kepala Anda (agar wajah jangan terlalu kepanasan terkena uap).
  5. Lalu mulailah kembali, ulangi penguapan pada wajah ini sebanyak 3-4 kali.
25. Lemon dan Air Mawar

Mawar memiliki sifat sebagai agen antimikroba. Campuran lemon dan air mawar mampu untuk membersihkan komedo. Anda hanya perlu memeras ½ buah lemon.

Lalu campurkan air mawar dengan air perasan lemon (dengan perbandingan sama) di dalam sebuah wadah.

Setelah tercampur kedua bahan alami ini, maka oleskan ke bagian wajah (terutama komedo), lalu diamkan selama 15 menit.

Lalu bilas wajah dengan air bersih sembari memijat lembut. Lakukan perawatan ini setiap hari, hingga Anda menemukan tanda-tanda komedo hilang.

26. Lemon dan Madu

Madu kaya antioksidan, serta memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, sehingga manfaatnya bisa untuk membantu membersihkan komedo.

Sediakan satu cangkir madu asli lalu hangatkan. Lalu celupkan ½ buah lemon ke dalamnya.

Nah, gunakan campuran madu dan lemon untuk diaplikasikan pada wajah sembari memijat lembut.

Setelah selesai mengoleskan madu ke wajah, maka bilas wajah dengan air biasa. Lakukan perawatan alami ini setiap hari.

27. Lemon dan Susu

Manfaat campuran lemon dan susu untuk membantu menghilangkani komedo, selain itu juga membuat wajah bisa lebih cerah dan bercahaya.

Cara melakukannya, Anda hanya perlu meneteskan sebanyak 5 tetes perasan lemon ke dalam 1 sdm susu segar.

Lalu aduk agar tercampur rata, lalu oleskan ke bagian wajah, terutama bagian yang ada komedonya.

Setelah selesai mengoelskan, biarkan saja sampai kering. Lalu barulah membilas wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari.

28. Lemon dan Bubuk Kayu Manis

Kayu manis bisa dimanfaatkan untuk mengikis komedo dan mengecilkan pori-pori. Kombinasi lemon dan bubuk kayu manis bisa membantu untuk menghilangkan komedo dengan cepat.

Anda hanya perlu memeras ½ buah lemon, taruh tetesan air perasan di atas bubuk kayu manis, hingga nantinya tercampur dan membentuk seperti pasta yang lembut.

Lalu pasta tersebut dioleskan ke bagian wajah. Disarankan untuk melakukan hal ini sebelum tidur, sehingga setelah mengoleskan pasta ke wajah maka biarkan semalaman dalam kondisi seperti itu.

Nah, pada pagi harinya bilas wajah dengan air bersih. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

29. Masker Putih Telur dan Lemon

Putih telur mengandungan asam amino yang menyerap minyak berlebih di wajah, demikian juga putih telur mengandung enzim Lyzozyme yang berfungsi untuk melawan bakteri.

Untuk membuat masker putih telur dan lemon, Anda hanya perlu mencampurkan satu putih telur dengan ½ perasan lemon.

Setelah tercampur dan teraduk rata, maka oleskan pada wajah sebagai masker. Biarkan hingga masker kering di wajah.

Setelah itu, barulah lepaskan masker dan bilas wajah dengan air bersih.

Hal-hal yang Penting Diketahui Jika Anda Mengoleskan Lemon ke Kulit:

  • Apabila Anda memiliki kulit kering atau sensitif, maka hindari penggunaan lemon langsung ke kulit.
  • Sebelum mengoleskan lemon ke kulit, lakukan tes dengan cara mengoleskan sedikit lemon ke kulit, tunggu apakah ada reaksi negatif atau tidak.
  • Setelah mengoleskan kulit dengan lemon, maka hindari sinar matahari langsung dalam waktu 60 menit.

30. Ganti Sarung Bantal Setiap Minggu

Bantal Tidur

Photo Credit: Pixabay.com

Penting diketahui bahwa sarung bantal yang kotor bisa menjadi sarang bakteri, hal ini dapat memicu dan menjadi semakin parrah kondisi jerawat dan komedo.

Walaupun seseorang rutin membersihkan wajah sebelum tidur, namun hal ini menjadi tidak berguna apabila sarung bantal tidak pernah diganti, sehingga tidak bersih.

Selain sarung bantal, ganti juga sarung guling dan kain alas tidur / sprei secara rutin, sehingga Anda bisa lebih terbebas dan kuman, bakteri dan kotoran.

31. Hindari Rokok dan Alkohol

Hindari Rokok dan Alkohol

Photo credit: Pixabay.com

Menjalani gaya hidup yang tidak sehat bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan keindahan kulit. Rokok dan alkohol memiliki kandungan racun yang bisa membahayakan tubuh.

Salah satu bahayanya yaitu membuat tubuh tidak mampu dalam melawan dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh. Kondisi seperti ini salah satunya bisa memicu jerawat dan komedo.

32. Kenali Faktor-Faktor Pemicu Parahnya Komedo

Faktor yang bisa memicu tumbuhnya komedo sehingga Anda perlu berhati-hati dengannya, yaitu:

  • Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes di permukaan kulit. Oleh karena itu jangan malas untuk mencuci wajah dengan air bersih.
  • Terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh yang menyebabkan tingginya produksi minyak yang mempengaruhi kulit.
  • Konsumsi obat seperti steroid, lithium, ataupun pil KB, bisa memicu masalah kulit seperti komedo.
  • Penggunaan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (semacam gel rambut bagi laki-laki) yang memiliki kandungan minyak dan beberapa cat rambut.
  • Sering mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi) bisa memicu komedo.
  • Sering dalam kondisi jiwa yang terkena atau stres bisa menyebabkan komedo semakin parah.
  • Beberapa kosmetik yang terkandung bahan-bahan kimia bisa menimbulkan reaksi pada kulit, dan memicu komedo.

33. Pastikan Anda Cukup Minum Air Putih 

Minum Air Putih

Photo credit: Pixabay.com

Perbanyak minum air putih jika Anda selama ini kurang dalam mengonsumsi air putih. Air putih akan menjaga keseimbangan kinerja organ tubuh (termasuk kulit).

Sehingga minum air putih dapat membantu untuk mengilangkan komedo lebih cepat, selain itu juga bermanfaat bagi kulit tubuh secara umum, diantaranya membuat kulit lebih lembut, bercahaya dan terhindari dari masalah kulit kering.

34. Hindari Penggunaan Make Up Berlebihan 

Terlalu sering memakai make up membuat kulit wajah akan sering tertutup seluruhnya, sehingga kulit wajah sulit bernafas. Selain itu bahan kimia pada make up bisa berdampak buruk pada kulit jika penggunaannya berlebihan.

Jika Anda menggunakan make up, maka pastikan Anda membersihkannya dengan mencuci wajah secara sempurna. Pastikan tidak ada lagi bahan yang  menempel dan menyumbat pori-pori kulit wajah.

35. Hindari Stress Berkepanjangan

Ilustrasi Terlalu Sibuk

Photo credit: Pixabay.com

Ternyata stress bisa memicu masalah komedo, dan membuat kondisi komedo semakin parah sehingga sulit disembuhkan. Pastikan Anda memanejemen pikiran dengan baik, sehingga dengan pikiran yang selalu tenang dan tidak stres, maka komedo bisa semakin cepat dihilangkan.

36. Hindari Kulit Kepala dan Rambut Kotor 

Kondisi rambut dan kullit kepala yang jarang dibersihkan sehingga kotor bisa menyebabkan timbulnya masalah minyak berlebihan.

Nah, apabila keringat yang ada di kepala mengalir ke wajah maka dapat memicu komedo, dan menjadikan kondisi komedo yang dialami semakin parah.

Oleh karena itu, jagalah kebersihan rambut Anda, hindari terlalu sering berada di tempat yang banyak polusinya, seperti jalan raya dan semisalnya.

37. Pengobatan Komedo

Selain dengan melakukan pengobatan di rumah, mengobati komedo juga bisa dengan obat-obatan yang dijual di pasaran, yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, ataupun asam salisilat.

Berbagai obat komedo memiliki berbagai macam bentuk, seperti bentuk koyo, krim, gel. Penggunaan obat komedo bertujuan untuk membunuh bakteri, membersihkan sel-sel kulit mati, dan mengurangi  minyak berlebih pada kulit.

Apabila penggunaan obat yang bebas dijual di pasaran tidak mampu untuk menyembuhkan komedo, maka Anda bisa memikirkan untuk mencoba penggunaan obat yang berasal dari resep dokter.

Pada permasalahan komedo, umumnya dokter meresepkan jenis obat tazarotene, tretinoin dan adapalene. Ketiga jenis obat tersebut memiliki zat vitamin A yang berfungsi untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada folikel rambut.

Selain itu vitamin A juga berfungsi untuk membantu proses regenerasi sel kulit. Adapun pada permasalahan komedo yang disertai bisul dan kista jerawat, maka biasanya dokter memberikan resep obat yang terdapat bahan benzoyl peroxide dan antibiotik.

Jika Anda mengunjungi dokter spesialis kulit atau dermatolog, maka mereka akan menggunakan alat khusus yang terbuat dari logam, berbentuk lingkaran kecil, dan pada bagian ujungnya digunakan untuk mengangkat bagian yang menyumbat (yang memicu komedo).

Untuk terapi laser dan cahaya, maka proses penyembuhannya akan memakai energi sinar, yang fungsinya bisa membunuh bakteri penyebab komedo dan mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Terapi jenis ini dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo dan jerawat.

Pada prosedur Chemical peels, dokter spesialis memakai bahan kimia untuk mengupas sel-sel kulit mati.  Dengan melakukan pengelupasan kulit oleh dokter spesialis, maka akan muncul kulit yang lebih halus.

Terapi mikrodermabrasi dilakukan untuk membersihan kulit dari adanya sumbatan penyebab komedo. Dokter spesialis akan memakai alat yang berbentuk seperti tabung bertekstur kasar di permukaan ujungnya.

Melakukan mikrodermabrasi, tetapi laser maupun chemical peels hanya bisa dilakukan oleh ahlinya atau dokter spesialis. Selain itu, melakukan terapi-terapi “modern” seperti ini umumnya akan membersikan efek samping, sehingga melakukannya tidak sembarangan.

38. Perawatan dan Obat Apotik untuk Jerawat / Komedo Menurut Dokter

Ilustrasi Dokter

Photo credit: Publicdomainpictures.net

Pada laman tanya-jawab Alodokter seorang bernama Ella Mozarella bertanya mengenai obat apotek jenis apa yang cocok untuk mengurangi komedo/jerawat pada wajah? dan beberapa pertanyaan lainnya.

dr. Budiono menjawab pertanyaan ini, dokter menyebutkan beberapa penyebab jerawat dan komedo yaitu adanya penyumbatan kelenjar minyak wajah, produksi minyak wajah (sebum) yang berlebihan, hingga terjadinya infeksi kelenjar minyak wajah.

Dokter menyebutkan beberapa langkah untuk mengatasi jerawat atau komedo, yaitu:

  • Menjaga kebersihan wajah secara umum.
  • Saat beraktifitas di luar ruangan disarankan untuk memakai pelindung wajah seperti masker.
  • Rajin mencuci wajah dengan air bersih.
  • Usahakan untuk menggunakan produk wajah yang memang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Dokter menyebutkan obat jerawat / komedo yang dijual bebas di pasaran, yaitu yang mengandung benzoil peroksida, salisilat, dsb.

Mungkin saja langkah penanganan diatas dalam mengobati jerawat atau komedo masih kurang, maka disarankan agar memeriksakan diri ke dokter agar memperoleh penanganan lebih lanjut. Beberapa bentuk penanganan yang dilakukan dokter:

  • Meresepkan obat untuk menurunkan produksi sebum, diantaranya jenis obat retinoid.
  • Dokter akan mengatasi infeksi dengan cara memberikan antibiotik, bisa antibiotik yang berbentuk oles ataupun yang diminum.
  • Terapi hormon.
  • Chemical peeling.
  • Terapi ablasi, terapi laser, dsb.
  • Penanganan dengan roller.
Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas   READY STOCK. Hubungi Telp./SMS/WA 081332095904. Kami siap mengirim ke Seluruh Indonesia. Apasih manfaat daun kelor, sebelum kita masuk ke manfaat daun kelor alangkah baiknya kita flash back. Pastinya semua sudah tidak asing lagi dengan kata peribahasa “Dunia ini tidak selebar daun Kelor”? itu semua karena daun kelor ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sama halnya dengan dunia, secara tidak disangka-sangka pasti kita akan mengalami hal yang tidak terduga. Tetapi jangan salah dan jangan meremehkan daun kelor, dibalik ukuran nya yang kecil, ternyata daun kelor memiliki sejuta manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu banyak peneliti atau masyarakat menyebut pohon ini dengan sebutan pohon ajaib atau miracle tree. Kandungan daun kelor bagi sangat bagus untuk tubuh. Organisasi kesehatan dunia sudah menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang mulai tumbuh untuk mengkonsumsi daun kelor secara rutin karena manfaat daun kelor yang sangat baik untuk pertumbuhan. Karena ternyata didalam daun kelor mengandung potasium 3x lipat daripada pisang, kalsium 4x lipat lebih banyak daripada susu, dan diketahui juga daun kelor mengandung vitamin C 7x lipat daripada kandungan dalam buah jeruk, vitamin A 4x lipat lebih banyak dari wortel, dan juga memiliki 2x lipat protein dari pada susu. Daun kelor adalah bagian yang paling bermanfaat dari tanaman kelor, dalam daun kelor mempunyai kandungan diantaranya adalah : Vitamin B6, Vitamin C, Provitamin A sebagai beta karoten, magnesium dan protein. Kebanyakan masyarakat di indonesia mengolah daun kelor dengan cara dimasak dan digunakan seperti halnya bayam, dan ada juga yang mengeringkan daun kelor setelah kering kemudian di haluskan, satu hal yang harus diketahui cara mengolah daun kelor tidak bisa diatas suhu 60 derajat celcius, karena kalau sampai suhu diatas 60 itu akan merusak nilai gizi yang terdapat pada daun kelor tersebut. Yang paling familiar dari daun kelor adalah manfaat untuk pertumbuhan seorang anak, terutama pada bayi dan ibu menyusui. Daun kelor atau bisa disebut juga dengan moringa sekarang begitu terkenal dan sudah bukan menjadi kabar isu lagi jika daun kelor memang mempunyai khasiat yang luarbiasa. Ada juga yang mengatakan bahwasannya daun kelor itu rajanya Vitamin A, memang benar kandungan vitamin A di dalam daun kelor memang lebih tinggi berkali lipat dari pada kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel.  

Hubungi Telp./SMS/WA 081332095904 ( Ibu. Masda)

  Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Aceh Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Simeulue, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sumatera Utara Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Bengkulu Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Jambi Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo, Jambi, Sungai Penuh   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Riau Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Dumai, Pekanbaru   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sumatera Barat Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sumatera Selatan Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih.   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Lampung Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Metro   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kepulauan Bangka Belitung Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur, Pangkal Pinang   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kepulauan Riau Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Batam, Tanjung Pinang   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Banten Tangerang, Serang, Lebak, Pandeglang, Tangerang, Serang, Cilegon, Tangerang Selatan   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Jawa Barat Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Jenggotan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di DKI Jakarta Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Jawa Tengah Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Jawa Timur Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Bali Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Nusa Tenggara barat NTB Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Mataram   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Nusa Tenggara Timur NTT Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Kupang   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kalimantan Barat Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Bonsai, Kubu Raya, Landak, Melawi, Pontianak, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak, Singkawang   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kalimantan Selatan Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru, Banjarmasin   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kalimantan Tengah Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Seruyan, Palangka Raya.   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Kalimantan Timur Berau, Bulungan, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Malinau, Nunukan, Paser, Penajam Paser Utara, Tana Tidung, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Tarakan   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Gorontalo Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, Pohuwato, Gorontalo   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi Selatan Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makassar, Palopo, Parepare   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi Tenggara Bombana, Buton, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Wakatobi, Bau-Bau, Kendari   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi tengah Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Donggala, Morowali, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Sigi, Palu   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi Utara Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Sulawesi Barat Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, Polewali Mandar   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Maluku Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon, Tual   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Maluku Utara Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Ternate, Tidore Kepulauan   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Papua Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, Jayapura   Jual Daun Kelor Murah dan Berkualitas di Papua Barat Fakfak, Kaimana, Manokwari, Maybrat, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Sorong.  

Comments are closed.